Jumat, 21 Januari 2011

Dedicated Router

Dedicated router adalah router yang fungsi dan modelnya sudah ditentukan olehvendornya. kita dapat mengkonfigurasi router itu tergantung dengan konfigurasi ygtelah disediakan dari vendor dan kita tidak dapat mengubah port pada router apabiladari vendor tidak diperbolehkan.Vendor yang biasa memproduksi dedicated router diantaranya Cisco, BayNetworks,3Com dan lain-lain. Namun, dari sekian banyak vendor yang ada, Vendor DedicatedRouter yang paling popular adalah Cisco.Alasan mengapa orang ataupun lembaga/perusahaan menggunakan dedicated routeradalah sebagai berikut :1.

Stabilitas, karena lebih spesifik melakukan tugas sebagai router dari pada sebuah PCyang melakukan tugas sebagai router.2.

Memiliki banyak alternatif koneksi.3.

Keamanan karena mendukung pemfilteran paket data.4.

Kemudahan, karena dioperasikan menggunakan Internetwork OperatingSystem(IOS).5.

Praktis dan fleksibel dalam penempatan.Namun Dedicated router juga memiliki kekurangan, yaitu:1.

Harganya relative lebih mahal2.

Untuk yang Non modular router Port dan interfacenya sudah ditentukan, jadi kitatidak dapat menambahnya.

Dedicated Router ada 2 macam, yaitu:1) Modular Router2) Non Modular RouterPerbedaanya:"In modular router the interfaces are not fixed so that we wilkl be able to installed cardslatter on this router. But in case of non modular router the interfaces are fixed, wecannot able to add ports/interfaces latter on."Artinya:Pada Modular router, kita dapat menambah atau mengurangi interface pada routersewaktu-waktu. tetapi pada Non modular router, interfacenya tidak dapatditambah/dikurangi karena sudah ditetapkan oleh vendor.Contoh Modular Router:Cisco 1721 Modular Access RouterCisco 1760 Modular Access RouterCisco 1841 Modular Access Router

Sumber
http://www.scribd.com/doc/47013512/Dedicated-Router

Tidak ada komentar:

Posting Komentar